KTT Women 20 siap digelar

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 18 Jul 2022 18:05 WIB

KTT W20 akan segera digelar pada 19 hingga 21 Juli, akan bahas masalah kesetaraan wanita dan berbagai hal lain.

Konferensi Tingkat Tinggi Women 20 (W20) akan segera dilakukan. Kegiatan ini akan dilangsungkan pada pada 19-21 Juli 2022 di Hotel Niagara dan The Kaldera yang berada persis di tepi Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. 

Berbagai agenda telah dipersiapkan dan dijadwalkan akan dihadiri oleh beberapa tokoh penting. Beberapa hal yang akan dibahas seperti menangani diskriminasi untuk pembuatan kebijakan kesetaraan gender, pemberdayaan ekonomi perempuan, pertumbuhan ekonomi inklusif bagi perempuan pedesaan dan perempuan dengan disabilitas, dan pendampingan bisnis. 

Sebelum acara ini dilangsungkan, ada beberapa hal yang rangkum dibahas. Semua ini tertuang dalam Komunike W20, yang nantinya akan diserahkan kepada Presiden RI sebagai pemimpin G20.

Dari Indonesia sendiri, akan hadir beberapa tokoh penting. Beberapa diantaranya Menteri KPPPA RI, Bintang Puspayoga, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Pandjaitan, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, Menko Parekraf RI, Sandiaga Uno, Menko UKM RI, Teten Masduki, Ketua DPR RI sekaligus Chair P20 Indonesia, Puan Maharani, serta Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. 

Tak ketinggalan, turut hadir juga sederet tokoh internasional dari 18 negara anggota G20. Beberapa di antaranya adalah Andrea Grobocopatel dari Argentina, Caitlin Byrne dari Australia, Martine Marandel dari Perancis, Juliana Rosin dari Jerman, Pam Rajput dan H.E. Manoj Kumar Bharti dari India, Lester Asamoah dari United States of America, dan Narnia Bohler – Muller dari Afrika Selatan.
 
“W20 adalah engagement group pertama dari Group of Twenty (G20) yang mengadakan kick off pada Desember 2021 yang lalu, sekaligus pertama juga menyelesaikan summit. Dari rangkaian gelaran pertemuan berskala internasional tersebut, W20 juga merupakan engagement group pertama yang telah menghasilkan komunike,” ungkap Chair W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi.

Tag