Kiat sukses jadi atlet eSport profesional

Oleh: S. A. Bardan Almahdali - Selasa, 23 Jan 2018 19:53 WIB

Tertarik menjadi atlet eSport? Sekarang adalah waktu yang tepat karena eSport semakin dikenal di Indonesia

Diam diam ada sebuah fenomena menarik di dunia digital yang bisa dibilang bergerak cepat dibawah radar, eSport. Perkembangannya cukup pesat di Indonesia. Permainan berupa video gim ini bukan hanya sekadar permainan sederhana di warnet. Cukup banyak anak muda di Indonesia yang sudah menekuninya menjadi seorang pemain professional.

Sebut saja beberapa turnamen besar seperti The International DOTA 2 Championships, League of Legend World Championship dan banyak lagi turnamen berkelas dunia lainnya yang menyediakan hadiah berupa uang tunai ratusan juta rupiah untuk para pemenangnya. Bahkan di tahun 2017 lalu kompetisi The International DOTA 2 Championships menyediakan hadiah terbesar sepanjang sejarah, yaitu USD24 juta (sekitar Rp320 miliar).

Menurut Business Insider, total nilai keselurhan dari pasar eSports adalah USD900 juta (sekitar Rp12 triliun) di tahun 2017 dan masih akan berkembang lagi di tahun 2018.

eSports di Indonesia

Di Indonesia sendiri dukungan terhadap eSport tergolong sangat positif, mulai dengan banyak diadakannya kompetisi dan turnamen, serta dibentuknya organisasi pemerintah yang bertugas mengakomodir kebutuhan dari dunia eSport di Indonesia yaitu Indonesia eSports Association (IeSPA).