Keunggulan layar Samsung AMOLED E6 dan ponsel yang telah menggunakannya

Oleh: Erlanmart - Rabu, 07 Des 2022 12:03 WIB

Samsung adalah salah satu produsen layar terbaik di dunia, terutama untuk ponsel. Panel layar kelas atas terbarunya adalah AMOLED E6 dengan beberapa peningkatan signifikan.

Samsung membuat layar OLED/AMOLED terbaik di dunia untuk ponsel, dan hampir semua merek menggunakan panel AMOLED dari Samsung di ponsel kelas atas mereka. Pada tahun depan, hampir semua merek ponsel pintar diharapkan menggunakan panel AMOLED kelas atas Samsung terbaru dengan kecerahan lebih tinggi dan kontrol flicker yang lebih baik.

Panel layar premium terbaru dari Samsung adalah AMOLED E6. Layar ini hadir dengan peningkatan yang signifikan pada tingkat kecerahannya, sebagaimana dilaporkan oleh Digital Chat Station. Jika dibandingkan dengan panel AMOLED E4 dengan kecerahan maksimal 852 nit dan panel AMOLED E5 dengan 994 nit, panel AMOLED E6 terbaru Samsung hadir dengan kecerahan lebih dari 1.000 nit.

Sebagai informasi, semakin terang layar ponsel maka semakin nyaman ketika digunakan di luar ruangan. Meski terang, AMOLED E6 dari Samsung tetap memiliki efisiensi daya yang lebih baik. Dibandingkan dengan AMOLED E4 dan E5, AMOLED E6 menawarkan efisiensi daya hingga 25%.

Sesuai laporan dari Gizchina, teknologi AMOLED E6 menampilkan kedalaman warna 12 bit, ini berarti ada peningkatan dari 1,07 miliar warna 10 bit menjadi 68,7 miliar warna, terutama berguna untuk konten HDR, HDR10+, dan Dolby Vision. Ada pula pengurangan paparan cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata.

Ada beberapa ponsel yang telah menggunakan panel layar AMOLED E6. vivo telah mengumumkan ponsel flagship generasi terbarunya, vivo X90 Pro+. Ini menggunakan panel AMOLED E6 Samsung dengan resolusi QHD+, kecerahan puncak hingga 1.800 nit, kontrol refresh rate LTPO 4.0, sistem PWM (Pulse Width Modulation) 1.440 Hz, dan Dolby Vision.