Kaspersky: Ada 7 sektor yang harus diperhatikan di 2021

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 05 Jan 2021 16:27 WIB

Ternyata, di 2021 ini ada beberapa sektor yang harus diperhatikan karena menjadi target utama dalam serangan siber.

Pada 2020, Asia Tenggara mendapatkan banyak serangan digital dikarenakan banyak pengguna internet baru selama pandemi virus Corona. Menurut Kaspersky, di 2020 serangan seperti phising, malware, dan lainnya terjadi. Di awal 2021 ini, para peneliti keamanan Kaspersky pun mengatakan tidak akan ada banyak perubahan pola serangan siber di 2021 di Asia Tenggara. Mereka mengatakan, ada 7 sektor yang perlu diperhatikan dari sisi penyerangan siber.

  • Digitalisasi

Yang pertama adalah digitalisasi. Seperti diketahui, di banyak negara, termasuk Indonesia, semua sektor termasuk pendidikan dan UMKM menggunakan metode online untuk tetap berjalan seperti semestinya.

Namun, di Asia Tenggara, penggunaan internet terutama di daerah terpencil merupakan sesuatu hal yang baru. Pada 2020 telah menunjukkan peningkatan drastis dalam penggunaan layanan dan transaksi pembayaran online, serta semakin banyak potensi jatuhnya korban kejahatan dunia maya.

“Kami telah menyaksikan peningkatan jumlah serangan phishing di paruh pertama tahun 2020 dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2021. Jadi para pengguna pun harus berhati-hati,” kata para peneliti Kasperski, dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (5/1).

Pishing juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Apa lagi, sekarang vaksin akan segera digulirkan. Jadi, serangan phising yang mengatasnamakan vaksin juga harus menjadi perhatian.