Jangan lengah! Ini tren ancaman dunia maya di 2023 bagi perusahaan

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 25 Jan 2023 16:39 WIB

Peneliti Kaspersky memprediksi ancaman baru dunia maya di tahun ini dan meninjau relevansinya dengan bisnis dan sektor pemerintahan. 

Source: Unsplash/Fly D

Di tahun 2023, kita masih harus menghadapi ancaman penjahat dunia maya yang semakin pintar dalam mengambil keuntungan yang dapat merugikan individu, perusahaan, dan bahkan mengancam seisi negara. 

Media secara rutin melaporkan insiden dan pelanggaran data yang dapat diakses publik di dark web. Berdasarkan laporan-laporan tersebut, peneliti Kaspersky memprediksi ancaman baru dunia maya di tahun ini dan meninjau relevansinya dengan bisnis dan sektor pemerintahan. 

Blackmailing: postingan publik para peretas hingga kebocoran data

Para peretas terpantau aktif pada akhir tahun lalu, September dan November, memposting tentang insiden peretasan baru yang sukses dilakukan pada bisnis di blog mereka.

Penjahat dunia maya biasanya menjangkau korban secara langsung, tetapi sekarang mereka segera memposting tentang pelanggaran keamanan di blog mereka, seperti mengatur penghitung waktu mundur untuk publikasi data yang bocor alih-alih meminta tebusan secara pribadi.