iPhone XR bakal mulai diekspor dari India

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 28 Nov 2019 10:27 WIB

Apple dikabarkan akan mulai mengekspor iPhone dari India, dengan produk pertama iPhone XR. Hal ini juga dinilai akan membantu mendongkrak bisnis Apple.

(Foto: Zdnet)

Apple selama ini mengandalkan pabrikannya di Tiongkok dan fasilitas milik mereka sendiri untuk memproduksi perangkat iPhone. Namun belakangan ini Apple mengambil langkah efisiensi serta melakukan investasi produksi di negara-negara lain seperti India dan Vietnam.

Kini, Apple dikabarkan akan mulai mengekspor iPhone dari India, dengan produk pertama iPhone XR. Menurut laporan baru, Apple memprediksi proses ekspor akan menggandakan nilainya menjadi USD3,2 miliar pada tahun fiskal ini. Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini akan meningkatkan komitmen manufaktur dan keuangannya di India.

Ravi Shankar Prasad, Menteri IT dan Elektronika India bertemu dengan eksekutif Foxconn yang menyatakan model iPhone XR sedang dibuat di pabrik Chennai (Tami Nadu) di India Selatan. Awalnya, Apple pertama kali melakukan investasi manufaktur dan produksi di India melalui Winstron. Pabrikan ini sendiri mirip dengan Foxconn namun berbasis di Bangalore, Karnataka.

Dilansir Gizmochina (28/11), Ketua Foxconn Group - Terry Gou menyatakan perusahaan sedang mempertimbangkan awal produksi massal iPhone di India. Hal ini sejalan dengan kepentingan pemerintah India karena negara ini ingin menjadi tujuan manufaktur yang diminati perusahaan elektronik.

Untuk diketahui, India memungut bea masuk dan tarif impor asing. Namun negara ini pun membantu memberikan insentif pada pabrikan asing untuk mengatur produksi di India. Perusahaan lain yang sudah memproduksi ponselnya di India termasuk Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, dan LG.