iOS 14.5 bikin iPhone XR lebih cepat dari iPhone 11

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 10 Mei 2021 11:32 WIB

Dalam sebuah pengujian yang dilakukan oleh seorang YouTuber, iPhone XR memiliki kinerja yang lebih kencang dari iPhone 11 dan iPhone 12 setelah pembaruan iOS 14.5.1.

Selama beberapa tahun terakhir, Apple telah mendapatkan masalah saat menggulirkan OS baru untuk perangkat iPhone lawas. Soalnya, mereka menurunkan performa dari perangkat iPhone lawas untuk membuat perangkat tersebut lebih awet.

Namun, ada sebuah hal yang menarik dari perilisan iOS 14.5.1. Alih-alih mendapatkan penurunan performa, ada satu iPhone lawas yang mendapatkan peningkatan performa saat memasang OS tersebut.

Hal ini disadari oleh salah satu YouTuber yang memiliki channel Nick Ackerman. Dia melihat ada peningkatan performa dari perangkat iPhone XR setelah dia memasang iOS 14.5.1 di perangkatnya.

Hal yang paling menarik adalah iPhone XR tersebut dapat mengungguli beberapa iPhone terbaru, termasuk iPhone 11 dan iPhone 12. Padahal, penjualan perdana iPhone XR dilakukan pada 2018 silam, sementara dua smartphone lainnya diluncurkan pada 2019 dan 2020.

Peningkatan performa yang dialami iPhone XR pun tertuang pada saat dia melakukan uji coba di berbagai aspek. Dia membandingkan waktu menyalakan smartphone, kecepatan membuka aplikasi, rendering video, serta hasil dalam pengujian Geekbench dan 3DMark.