Di awal 2022, Investasi di Metaverse sentuh 1.797 triliun rupiah

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 06 Jul 2022 12:57 WIB

Menurut data yang didapatkan oleh McKinsey, Metaverse sudah berhasil mengumpulkan sekitar Rp1.787 triliun pada awal 2022.

Pixabay

Di awal 2022, demam Metaverse dan NFT mulai merambah ke seluruh dunia. Namun, selama beberapa bulan terakhir ini, berita terkait Metaverse terlihat mulai melandai, bahkan sudah sangat jarang terdengar.

Namun, di balik ketenangan ini, ternyata berbagai perusahaan besar masih sangat tertarik untuk berinvestasi di tekngologi satu ini. Dan dalam sebuah laporan yang dirilis oleh McKinsey melalui Digital Nation (6/7), terlihat bahwa ada suntikan dana yang sangat mengesankan.

Pada sebuah laporan yang bernama Value Creation in the metaverse, McKinsey menyoroti bahwa Metaverse sudah menerima suntikan dana lebih dari US$120 miliar atau sekitar Rp1.797,018 triliun.

Jumlah ini meningkat secara drastis, bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Di periode yang sama pada 2021, jumlah investasi Metaverse dikabarkan hanya sebesar USD57 miliar atau sekitar Rp853,583 triliun.

Laporan ini menunjukkan bahwa Metaverse digemari oleh perusahaan dan Venture Capital (VC) besar. McKinsey menyebut ada tiga kategori yang mengucurkan dana besar, termasuk perusahaan teknologi besar, VC, serta perusahaan dan merek besar.