Intel klaim Xeon Platinum generasi terbaru lebih cepat dari AMD EPYC

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 18 Nov 2020 13:02 WIB

Dalam pernyataan terbaru, tampaknya Intel mengklaim bahwa CPU Ice Lake-SP Xeon Platinum generasi berikutnya 30% lebih cepat dari AMD EPYC Rome Generasi ke-2.

Intel baru saja memberikan bocoran performa dari jajaran prosesor CPU Ice Lake-SP Xeon Platinum generasi berikutnya. Mereka mengklaim bahwa prosesor terbaru ini akan dapat mengalahkan performa AMD EPYC Rome Generasi ke-2.

Dalam sebuah presentasi terbaru yang diadakan oleh Intel,  CPU Ice Lake Xeon generasi terbaru akan memiliki peningkatan IPC sebesar 18% jika dibandingkan CPU Cascade Lake Xeon generasi sebelumnya.

Intel Ice Lake-SP Xeon diketahui akan menggunakan arsitektur inti Sunny Cove yang didasarkan teknologi fabrikasi 10nm. CPU ini juga datang dengan dukungan PCIe Gen 4.0 dan dukungan memori hingga 6 TB per soket (Intel Optane PMem).

Wccftech (18/11) juga melaporkan bahwa prosesor dengan 32 core dan 64 thread ini dapat mengalahkan performa 64 Core EPYC 7742 AMD. Intel mengklaim bahwa CPU mereka dapat memberikan kinerja hingga 30% lebih cepat dalam key life sciences dan beban kerja FSI.

Kinerja tersebut diukur dalam NAMD STMV, Monte Carlo, dan LAMMPS. CPU Intel Xeon Ice Lake-SP dikonfigurasi dengan 32 core dan 64 core per soket. Proses sebenarnya menggunakan dua CPU Ice Lake-SP Xeon untuk total 64 core dan 128 thread dibandingkan dua CPU AMD EPYC 7742 Rome dengan total 128 core dan 256 thread.