Intel segera bangun pabrik baru di Eropa

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 22 Jun 2021 17:03 WIB

Intel dikabarkan sedang mencari lokasi terbaik untuk membangun pabrik baru mereka, dan Jerman menjadi salah satu pilihan mereka.

Seorang menteri negara bagian Bavaria di Jerman telah mengkonfirmasi rencana Intel untuk membangun pabrik baru. Tampaknya, Jerman menjadi salah satu wilayah yang menjadi tujuan untuk pembangunan pabrik baru tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Ekonomi Bavaria, Hubert Aiwanger tidak merinci bagaimana negosiasi tersebut berjalan. Tapi dia mengindikasikan bahwa Bavaria menawarkan Intel setidaknya satu lokasi yang memungkinkan.

Sebelumnya, CEO Intel, Pat Gelsinger, CEO Intel sedang mengadakan kunjungan ke Eropa pada April lalu. Mereka sedang memilih lokasi untuk membangun pabrik baru guna mendukung strategi IDM 2.0 milik mereka.

Mereka mengatakan, rencana strategi tersebut terdiri dari manufaktur in-house yang luas, menawarkan outsourcing, dan menawarkan layanan manufaktur kontrak di bawah Intel Foundry Services moniker.

Tom’s Hardware (22/6) melaporkan bahwa Intel berharap mendapatkan sekitar USD9,7 miliar atau sekitar Rp137,7 triliun dalam bentuk subsidi pemerintah. Mereka berharap adanya keringanan pajak dan investasi langsung.