Intel resmi perkenalkan Tigerlake, langsung tantang AMD

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 03 Sep 2020 11:17 WIB

Pihak Intel mengklaim bahwa prosesor mobile generasi ke-11 mereka, Tigerlake akan dapat unggul dari pesaingnya.

Intel Core Mobile gen-11

Intel secara resmi memperkenalkan jajaran prosesor mobile terbaru mereka, yakni Intel Tigerlake. Mereka secara terbuka menantang AMD, dikarenakan mereka yakin bahwa produk terbaru mereka saat ini dapat menang melawan musuh bebuyutannya.

Seperti diketahui, jajaran Intel Tigerlake ini merupakan entri ke-11 dari keluarga Intel “Core i” mobile series. Prosesor ini dibuat berdasarkan teknologi fabrikasi 10nm++ Intel, yang diklaim memiliki performa yang sangat baik namun tetap memiliki konsumsi daya yang rendah.

Intel Tigerlake dikabarkan menggunakan inti Willow Cove, yang merupakan arsitektur terbaru dari Intel. Tapi, arsitektur inti Willow Cove masih didasarkan pada pondasi yang sama dengan arsitektur Sunny Cove generasi terakhir.

Meski demikian, Intel mengklaim Tigerlake akan mendapatkan peningkatan kinerja sekitar 17 hingga 18% dibandingkan dengan node proses standar 10nm yang ditampilkan pada chip Ice Lake Generasi ke-10. Mereka juga dapat mengkonfigurasi prosesor tersebut untuk mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi.

Keunggulan dari prosesor ini adalah didukungnya RAM LPDDR5-5400, LPDDR4X-4667, DDR4-3200 MHz hingga 64GB. Ada juga dukungan untuk PCIe Gen 4.0, dimana Intel akhirnya dapat sejajar dengan AMD.