Intel resmi luncurkan Xeon Scalable Gen 3 Cooper Lake

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 19 Jun 2020 12:34 WIB

Intel meluncurkan jajaran prosesor Xeon Scalable generasi ketiga “Cooper Lake” yang dioptimalkan untuk pengembangan AI dan machine learning.

Intel Xeon Scalable Generasi ketiga

Intel secara resmi telah memperkenalkan jajaran prosesor Intel Xeon Scalable generasi ketiga mereka. Pada kesempatan kali ini, Intel memfokuskan diri untuk memperluas portofolio AI baik di bidang software dan hardware di pasaran.

Sebagai prosesor server pertama yang didukung oleh built-in bfloat16, prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ketiga memperluas penggunaan inferensi AI dan pelatihan pada CPU yang dirancang untuk tujuan umum, untuk aplikasi yang mencakup klasifikasi gambar, mesin rekomendasi, pengenalan suara dan pemodelan bahasa.

“Kemampuan untuk menyebarkan penggunaan AI dan analitik data dengan cepat sangat penting untuk bisnis pada saat ini. Kami tetap berkomitmen untuk meningkatkan akselerasi built-in AI dan optimisasi perangkat lunak dalam prosesor yang memberikan kekuatan pada pusat data di dunia dan solusi edge, serta menghadirkan landasan silikon yang tak tertandingi untuk memberi insight yang dihasilkan dari data,” kata Intel Corporate Vice President dan General Manager untuk Xeon and Memory Group, Lisa Spelman dalam siaran pers yang diterima redaksi tek.id.

Untuk prosesor Xeon Scalable Generasi ketiga alias Cooper Lake, Intel menawarkan prosesor dengan 4 dan 8 soket. Prosesor ini dirancang untuk deep learning, kepadatan mesin virtual (VM), database pada memori, aplikasi yang sangat penting, dan beban kerja analitik yang intensif.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, prosesor ini memiliki peningkatan performa sekitar 1.9 kali pada beban kerja dan hingga 2.2 kali VMs dibandingkan dengan platform setara 4 soket yang berusia lima tahun.