Intel resmi luncurkan Ice Lake-SP Xeon Generasi ke-3

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 07 Apr 2021 11:03 WIB

Intel secara resmi membawa jajaran prosesor server terbaru mereka, yakni Ice Lake-SP Xeon Generasi ke-3.

Intel pada akhirnya memperkenalkan secara resmi prosesor server generasi terbaru, yakni Intel Ice Lake-SP Xeon Generasi ke-3. Prosesor ini merupakan prosesor yang akan menantang prosesor server terbaru milik AMD, yakni EPYC Milan.

Seperti diketahui, prosesor ini merupakan prosesor server pertama Intel yang menggunakan teknologi fabrikasi 10nm +. Prosesor ini juga menggunakan arsitektur inti Sunny Cove, yang telah hadir sejak 2019 silam.

Intel pun menunjukkan beberapa keunggulan dari prosesor ini jika dibandingkan dengan pendahulunya. Prosesor ini memiliki skala kerapatan 2,7x jika dibandingkan dengan 14nm dengan dukungan Self-aligned Quad-Patterning.

Tak ketinggalan, ada juga fitur Contact Over Active Gate, Cobalt Interconnect (M0, M1) 1st Gen Foveros 3D Stacking, serta 2nd Gen EMIB. Prosesor ini pun cocok dikombinasikan dengan portofolio Intel Optane persistent memory dan storage, Ethernet adapter, FPGAs, dan solusi perangkat lunak yang dioptimalkan untuk memberikan kinerja terbaik.

Prosesor ini juga menampilkan arsitektur yang fleksibel dengan akselerasi kecerdasan buatan (AI) terintegrasi dengan teknologi Intel DL Boost, ditambah kemampuan keamanan canggih untuk melindungi data dan kode aplikasi dengan Intel Software Guard Extension (Intel SGX) dan Intel Crypto Acceleration.