Intel pamer kehebatan Xe MAX Graphics

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 02 Nov 2020 07:54 WIB

Dengan menggunakan teknologi Deep Link, GPU ini dapat bersaing dengan MX 530 di benchmark gim dan dapat bersaing dengan RTX 2080 mobile untuk urusan AI.

Intel Iris Xe MAX

Intel baru saja mengumumkan beberapa detail lebih lanjut mengenai GPU terbaru mereka. Kali ini, mereka membahas Intel Xe MAX, yang memiliki beberapa teknologi baru dan diklaim dapat menghasilkan performa yang sangat baik.

Satu fitur baru yang akan hadir di GPU tersebut adalah Intel Deep Link. Teknologi ini pada dasarnya memungkinkan Intel untuk memanfaatkan grafik terintegrasi, grafik diskrit, dan prosesor secara bersamaan untuk menangani sebuah beban kerja jika memungkinkan.

Intel menyebut, GPU Intel Xe MAX yang dikombinasikan dengan iGPU diklaim dapat mengalahkan NVIDIA MX 350. GPU ini disebut dapat mengalahkan MX 350 dalam beban kerja grafis dan proses yang sama dalam beban kerja terkait AI.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (2/11), GPU diskrit Intel Iris Xe MAX memiliki fitur 96 EU. GPU ini akan hadir dengan TDP yang cukup tinggi untuk mendorong kecepatan clock ke 1.65GHz.

VRAM dari Xe MAX ini adalah sebesar 4GB. Ada juga fitur shading tingkat variabel dan Intel DLBoost yang bekerja melalui PCIe 4.0. Arsitektur intinya adalah Intel Xe LP seperti saudara yang terintegrasi.