Instagram kembali uji coba fitur sembunyikan jumlah likes

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 15 Apr 2021 09:55 WIB

Setelah dihentikan selama beberapa bulan, kini Instagram menguji kembali fitur sembunyikan jumlah likes dengan fungsionalitas yang ditambahkan.

Source: Pexels

Instagram diketahui mulai menguji fitur untuk menyembunyikan jumlah likes yang berada di bawah konten yang diunggah. Tes serupa sebelumnya juga pernah dilakukan pada 2019. Tapi kali ini berbeda, pengguna dapat mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur tersebut.

Dilaporkan oleh Gizchina (15/4), fitur ini juga bisa menonaktifkan untuk catatan pengguna sendiri. Perusahaan mengatakan, uji coba fitur pada beberapa tahun lalu sudah dihentikan karena harus fokus pada hal lain, sejak pandemi datang. Dan kini, Instagram melakukannya kembali dengan peningkatan fungsi.

Uji coba sekarang dilakukan dengan meninjau umpan balik dari pengguna yang diterima dari pengujian sebelumnya. Meskipun fitur ini dirancang untuk mengurangi kekhawatiran pengguna tentang popularitas unggahan mereka, tidak semua orang setuju fitur ini dapat membawa perubahan baik.

Salah satu yang dirugikan adalah para pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai ladang pemasaran ataupun promosi. Bagi mereka, likes merupakan indikator untuk mengetahui apakah bisnis berjalan dengan lancar atau tidak.

Sudut pandang yang berbeda membuat Instagram akhirnya memutuskan untuk membiarkan pengguna memilih secara mandiri. Menurut perusahaan, fungsionalitas baru awalnya akan tersedia untuk sejumlah kecil pengguna di seluruh dunia. Jika Anda salah satunya, fitur tersebut dapat ditemui di pengaturan aplikasi.