Ini yang dilakukan Tokopedia sebelum kembangkan fitur baru

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 28 Jul 2021 16:52 WIB

Dalam desain produk, dikenal istilah ‘Design Thinking’ sebelum seorang desainer mengembangkan suatu produk, yaitu pendekatan yang berfokus pada pengguna.

Tokopedia kembali menggelar virtual workshop untuk jurnalis. Kali ini perusahaan mengangkat tema ‘Mengenal Product Design Lebih Jauh bersama Tokopedia’ bersama Product Design Lead Tokopedia, Dicki Dahrurozak.

Dalam desain produk, dikenal istilah ‘Design Thinking’ sebelum seorang desainer mengembangkan suatu produk, yaitu pendekatan yang berfokus pada pengguna dengan mengintegrasikan kebutuhan antara pengguna, teknologi dan kepentingan bisnis. Pendekatan ini juga menjadi penentu, produk apa yang selanjutnya menjadi prioritas Tokopedia untuk dikembangkan lebih lanjut dalam mempermudah aktivitas pelanggan di aplikasinya. 

“Penting untuk mengetahui target audiens yang ingin dituju karena desain sebuah produk akan mengikuti tren atau perilaku dari penggunanya. Contohnya dengan mengedepankan 3 DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer, Growth Mindset, dan Make it Happen, Make it Better, dalam menciptakan atau mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi pengguna Tokopedia,” ujar Dicki.

Tokopedia membagikan lima tahapan yang perlu dilakukan dalam kerangka ‘Design Thinking’ sebelum menciptakan suatu inovasi produk, contohnya seperti fitur ‘pakai promo’ Tokopedia.

Empathize - Salah satu cara untuk mengamati konsumen bisa melalui survei dengan menanyakan kepuasan mereka terhadap suatu produk, seperti apa yang mereka suka, mengapa memilih produk tersebut dan sebagainya.