Ini rencana Princeton soal data center di Indonesia

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 10 Nov 2021 12:34 WIB

Dalam sebuah acara media update, Princeton memaparkan rencana mereka terkait data center di Indonesia.

Princeton Digital Group (PDG) memaparkan rencana mereka di Indonesia. Dalam acara yang diadakan secara daring, perusahaan memberikan beberapa insight yang cukup menarik.

PDG mengatakan, ekonomi internet Indonesia masih merupakan pasar yang berkembang pesat. Di tahun 2025, diperkirakan ekonomi digital Indonesia akan bernilai US$100 miliar, atau 40% dari seluruh transaksi konsumen di tanah air.

Peningkatan ini didukung oleh berbagai macam faktor, namun yang paling utama datang dari meningkatnya bisnis digital native dan munculnya unicorn teknologi, sehingga menarik raksasa cloud untuk meningkatkan pasar mereka di Indonesia. Hal ini kemudian menempatkan Indonesia di puncak fase pertumbuhan cloud berikutnya. Oleh karena itu, PDG merasa Indonesia membutuhkan partner yang dapat dipercaya untuk membantu mempercepat hal ini.

Princeton Digital Group sudah mempersiapkan data center di Indonesia. Beberapa lokasi yang sudah perusahaan miliki tersebar di Jawa dan Sumatera, yang terletak di kota-kota besar seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Pekanbaru.

Selain itu, PDG juga sedang mengembangkan rencana pembangunan fasilitas pusat data baru (greenfield) di Jakarta. Pembangunan ini merupakan salah satu rencana PDG dalam meningkatkan jumlah infrastruktur pusat data demi melayani para pelanggannya untuk mendukung kebutuhan ekonomi digital Indonesia yang sedang berkembang pesat saat ini.

Tag