Ini monitor gaming pertama yang gunakan IGZO

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 05 Jul 2021 16:55 WIB

Green House Gaming secara resmi memperkenalkan jajaran monitor gaming mereka yang menggunakan teknologi IGZO.

Sebuah perusahaan dari Jepang bernama Green House Gaming secara resmi memperkenalkan monitor gaming mereka yang menggunakan teknologi IGZO. Ini merupakan monitor gaming pertama di dunia dengan teknologi tersebut.

Bagi kalian yang tidak familiar, IGZO merupakan singkatan dari indium gallium zinc oxide. Seperti diketahui, ini merupakan bahan semikonduktor yang digunakan pada modul lampu latar panel LCD. 

IGZO memiliki mobilitas elektron 20-50 kali lebih cepat, translusense (transparansi) yang jauh lebih baik, dan memiliki ukuran transistor yang lebih kecil dibandingkan dengan silikon amorf (a-Si) yang secara tradisional ditampilkan pada modul lampu latar LCD.  

Transparansi yang lebih baik berarti akan memiliki konsumsi daya yang lebih rendah, karena lebih sedikit daya yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat kecerahan tertentu. Selain itu, mobilitas elektron yang lebih cepat memungkinkan waktu respons yang lebih rendah dan dimensi transistor yang lebih kecil memfasilitasi kerapatan piksel yang lebih tinggi.  

Wccftech (5/7) melaporkan, monitor pertama Green House Gaming yang menggunakan teknologi IGZO ini akan bernama GH-ELCG27WA-BK/GH-GLCC27WA-BK. Nama yang cukup sulit untuk diingat.