Ini jawaban Intel atas tantangan AMD EPYC

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 06 Nov 2018 12:25 WIB

Intel menggabungkan dua prosesor menjadi satu dalam prosesor yang disebut sebagai Xeon Cascade Lake, dimana memiliki 48 inti dan 96 thread.

Intel (Pcgamesn)

AMD saat ini telah mengumumkan jajaran prosesor kelas workstation terbaik mereka, yakni AMD EPYC. Prosesor ini memiliki banyak kelebihan, terutama di bidang jumlah inti prosesor dan total hyperthreading yang dimiliki.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Intel untuk membuat prosesor yang dapat menandingi lini Threadripper. Salah satu jawaban mereka adalah dengan memperkenalkan prosesor kelas server mereka, Xeon yang diberi nama Cascade Lake.

Engadget (6/11) melaporkan bahwa prosesor ini dipersenjatai dengan total 48 core. Seperti yang dilakukan oleh AMD, perusahaan semikonduktor asal Amerika tersebut juga menggabungkan dua prosesor 28 core menjadi satu.

Ditambah dengan teknologi hyperthreading, para pengguna akan mendapatkan total 58 thread yang berjalan secara bersamaan. Tentu saja, hal ini sangat menguntungkan bagi mereka yang menjalankan program yang membutuhkan banyak pekerjaan sekaligus.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh prosesor Cascade Lake dibanding prosesor EPYC terbaru AMD adalah memiliki beberapa inti chipset dalam satu paket alias soket. Jadi, pengguna dapat menggunakan dua prosesor dalam satu motherboard yang sama, sehingga pengguna dapat memiliki total 96 inti prosesor.