Ini dia penjelasan tentang audio resolusi tinggi

Oleh: Erlanmart - Minggu, 24 Des 2023 06:48 WIB

Audio resolusi tinggi cenderung mengacu pada file musik yang memiliki frekuensi sampling dan/atau kedalaman bit lebih tinggi daripada CD.

Source: Ecoustics

Sejak beberapa tahun terakhir, audio resolusi tinggi (hi-res audio) akhirnya menjadi mainstream berkat banyaknya dukungan dari layanan streaming (seperti Apple Music, Tidal, dan Amazon Music) dan produk-produknya, dari ponsel hingga sebagian besar komponen hi-fi digital.

Di sisi lain, apa sebenarnya yang dimaksud dengan audio resolusi tinggi, apa arti semua format dan angka file yang berbeda, di mana kita dapat mengunduh atau streaming file berkualitas lebih tinggi ini, dan perangkat apa yang diperlukan untuk memutarnya? Berikut adalah penjabaran audio resolusi tinggi yang dilansir dari What Hifi.

Pengertian audio resolusi tinggi

Tidak seperti video high definition, tidak ada standar universal untuk audio resolusi tinggi. Pada tahun 2014, Digital Entertainment Group, Consumer Electronics Association, dan The Recording Academy, bersama dengan sejumlah label rekaman, secara resmi mendefinisikan audio resolusi tinggi sebagai “audio lossless yang mampu mereproduksi seluruh rangkaian suara dari rekaman yang telah menjalani mastering lebih baik dari musik berkualitas CD".

Dalam istilah yang paling sederhana, audio resolusi tinggi cenderung mengacu pada file musik yang memiliki frekuensi sampling dan/atau kedalaman bit lebih tinggi daripada CD, yang ditentukan pada 16-bit/44,1kHz.