Indosat Ooredoo gandeng Facebook edukasi pengguna baru di internet

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 15 Okt 2019 19:41 WIB

Melalui kampanye ini, Indosat Ooredoo berniat membantu pengguna internet pemula di Indonesia. Agar mendapatkan pengalaman optimal melalui berbagai pelatihan.

Indosat Ooredoo meluncurkan kampanye nasional "Internet 1O1". Kampanye ini dirilis berkat kerja sama perusahaan dengan Facebook. Melalui kampanye ini, Indosat Ooredoo berniat membantu pengguna internet pemula di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman optimal melalui berbagai pelatihan.

Indosat Ooredoo memberdayakan peritel serta toko-toko eksklusif untuk merangkul dan memberikan edukasi kepada pengguna baru internet. Mereka bertugas memberikan edukasi bagaimana menggunakan internat dengan baik, mengenali hoaks, hingga memakai berbagai aplikasi jejaring sosial.

“Internet memiliki kekuatan untuk menyalurkan suara publik dan membantu mereka menemukan dan membagikan pengetahuan, memperkuat ekonomi, dan mengembangkan komunitas. Membantu masyarakat mendapatkan hasil yang maksimal dari sumber daya yang kuat lebih dari sekedar konektivitas fisik, kami bangga bekerja sama dengan Facebook di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran diantara pengguna internet pemula tentang peluang yang ditawarkan oleh internet. Kampanye nasional ini akan membantu memperkuat upaya inklusi digital dan mendorong orang-orang untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman,” kata President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama.

Laporan GSMA Mobile Economy Report 2019 menunjukkan, penetrasi mobile internet diprediksi akan tumbuh hingga 69% pada 2025. Artinya ada 24 juta orang di Indonesia yang akan masuk ke ranah online. Namun, masih ada kesenjangan digital antara penduduk di kota besar dan pedesaaan. 

Sekitar 45% masyarakat tinggal di area pedesaan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara berkembang lain di Asia Pasifik. Kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan juga bisa membuat biaya pembangunan infrastruktur menjadi tinggi. Temuan GSMA lainnya menunjukkan 97% populasi di Indonesia yang tidak memiliki ponsel tinggal di area pedesaan. Oleh karena itu, program Intenet 1O1 difokuskan bagi pengguna internet baru yang mayoritas tinggal di pedesaan.