Lampaui Amerika, India jadi negara dengan penjualan smartphone terbesar kedua

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 27 Jan 2020 10:02 WIB

Counterpoint Research melaporkan, India memiliki total 158 juta smartphone yang masuk ke negaranya, melampaui Amerika yang harus rela tergeser dari posisi kedua.

Credit : Pexels

Amerika saat ini menjadi pasar smartphone terbesar kedua di seluruh dunia, setelah disalip Tiongkok beberapa tahun yang lalu. Meski mengalami pertumbuhan penjualan setiap tahun, namun bukan berarti mereka bisa terus berada di posisi tersebut.

Belakangan ini, ada satu negara yang tercatat mengalami ledakan dalam hal penjualan smartphone, yakni India. Para peneliti di Counterpoint Research bahkan menyatakan, India telah menjadi negara kedua yang memiliki penjualan smartphone terbesar kedua, menggeser Amerika ke posisi ketiga.

Dalam data yang baru mereka ungkapkan, pada 2019 kemarin, India dilaporkan telah menerima total 158 juta perangkat. Sebagian besar hal ini disebabkan oleh lonjakan produsen Tiongkok yang menawarkan perangkat dengan harga agresif.

Engadget (27/1/2020) melaporkan, Counterpoint Research mencatat sebanyak 72 persen smartphone yang dikirim ke India berasal dari merek Tiongkok besar seperti Xiaomi, Vivo, realme, dan Oppo.