Ilmuwan buat teori elevator dari Bumi ke Bulan

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 19 Sep 2019 11:27 WIB

Dua orang ilmuwan berhasil membangun teori untuk membuat elevator dari Bumi ke Bulan. Teknologi ini diprediksi bisa memantik perkembangan teknologi angkutan luar angkasa yang lebih maju.

Source: Google

Ilmuwan berencana membangun elevator yang bakal menghubungkan Bumi dengan Bulan. Elevator ini dirancang untuk mendistribusikan berbagai pasokan dari Bumi ke Bulan dan kembali ke Bumi. 

Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan pada Agustus lalu, Zephyr Penoyre dan emily Sandson, dua peneliti dari Universitas Cambridge dan Universitas Columbia mengungkapkan rencana tersebut. Mereka mendeskripsikan bahwa hal tersebut dapat diwujudkan dengan metode konstruksi kabel sepanjang 322.000 km ke Bulan. Kabel ini nantinya akan menjuntai ke medan gravitasi Bumi. 

Cara ini dipandang akan lebih menghemat biaya ketimbang menggunakan cara lama. Bahkan Penoyre menyebut konstruksi ini bisa saja dibangun hanya dengan bantuan seorang miliarder saja. Ketika sudah dibangun, Spaceline akan beroperasi menggunakan energi surya. Kendati begitu, masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi jika hendak mewujudkan rencana ini. 

Konstruksi itu membutuhkan sebuah kabel berbahan nanofiber super panjang. Kedua ilmuwan itu mengakui bahwa teknologi yang ada saat ini belum dapat membuat kabel semacam itu. Keduanya memaparkan kalau kabel yang cukup kuat untuk menahan gravitasi Bumi sebenarnya dapat saja dibuat. 

“Elevator luar angkasa klasik didukung dengan gaya sentrifugal dan membutuhkan penyeimbang besar di luar orbit geostasioner untuk menetralkan tarikan gravitasi Bumi. Kekuatan yang saling bertentangan ini menempatkan kabel dalam ketegangan yang besar, dan meskipun memiliki desain meruncing, akan terdapat beban berat pada bagian kabel yang dekat dengan Bumi karena tingginya gaya gravitasi .” tulis kedua peneliti tersebut.