Helio G90T vs Snapdragon 730G, mana yang paling gaming?

Oleh: Dommara Hadi S - Jumat, 22 Nov 2019 15:45 WIB

Terlepas dari isu panas yang melekat pada prosesor MediaTek, Helio G90T membuktikan bahwa suhu bukan menjadi kendala pada performa prosesor ini.

Prosesor merupakan salah satu komponen utama dari sebuah smartphone. Ibaratnya, prosesor adalah sebuah otak dari berbagai perangkat elektronik, termasuk smartphone. Prosesor-prosesor ini kemudian dikategorikan menurut segmen, biasanya semakin tinggi jumlah core, kecepatan, dan fiturnya, maka akan semakin tinggi juga segmennya.

Di industri smartphone, Qualcomm dan MediaTek menjadi dua nama yang cukup populer dipakai pada jajaran seri smartphone. Tahun ini, baik Qualcomm dan MediaTek sudah merilis beberapa seri prosesor. Mulai dari entry-level, mid-range, hingga high-end.

Satu hal yang menarik di tahun ini adalah hadirnya prosesor khusus gaming untuk smartphone kelas menengah. Qualcomm mengenalkan Snapdragon 730G sementara MediaTek mengenalkan Helio G90T. Konon kedua prosesor ini dirancang khusus untuk mengoptimalkan performa gaming pada smartphone dengan dukungan fitur-fitur ekslusifnya.

MediaTek G90T turut diperkenalkan ketika acara peluncuran produk baru Redmi, kala itu Helio G90T secara ekslusif dan pertama dipakai pada Note 8 Pro. Secara tidak langsung, kombinasi keduanya jadi perbincangan panas, malah masih menjadi perbincangan hangat hingga saat ini terkait isu suhu.

Terlepas dari isu tersebut, MediaTek G90T pada Note 8 Pro memang mengundang rasa penasaran beberapa penggemar teknologi. Pertanyaan terkait ‘bagaimana performanya’ masih cukup tinggi jika dicari pada mesin pencari Google. Apa benar Helio G90T lebih baik dari Snapdragon 730G?