Headset ini dapat membaca mimik wajah pengguna

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 13 Okt 2020 09:13 WIB

Menggunakan dua kamera, para peneliti dari Cornell University dapat membaca mimik wajah pengguna dan mentransfernya menjadi emoji.

Peneliti dari Cornell University baru-baru ini mengumumkan sebuah terobosan teknologi terbaru. Mereka mengumumkan telah menciptakan sistem earphone yang dapat mengetahui ekspresi wajah pemakainya bahkan saat mereka mengenakan masker.

Mereka menyebut teknologi tersebut sebagai C-Face. Teknologi ini dapat memantau kontur pipi dan mengubah ekspresi pemakainya menjadi emoji. Hal ini tentunya merupakan sebuah hal yang sangat berguna, terutama saat pandemi seperti ini.

Teknologi ini dapat dapat memungkinkan para penggunanya, misalnya, menyampaikan emosi mereka selama panggilan grup tanpa harus menyalakan kamera web mereka. Atau mereka bisa menempatkan sebuah layar di depan masker yang dapat menunjukkan ekspresi pengguna yang menggunakan masker.

“Perangkat ini lebih sederhana, tidak terlalu menonjol dan lebih mampu dibandingkan dengan teknologi yang dapat dipasang di telinga untuk melacak ekspresi wajah,” kata direktur Lab SciFi Cornell dan penulis senior makalah tentang C-Face, Cheng Zhang seperti dikutip dari laman Engadget (13/10).

“Dalam teknologi wearable sebelumnya yang bertujuan untuk mengenali ekspresi wajah, sebagian besar solusi yang diperlukan untuk memasang sensor pada wajah dan bahkan dengan begitu banyak instrumen, namun mereka hanya dapat mengenali serangkaian ekspresi wajah yang berbeda.”