Hati-hati! 30 aplikasi kamera ini disusupi spyware

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 20 Jan 2020 16:01 WIB

Ke-30 pengembang aplikasi kamera tersebut dikabarkan bisa mendapatkan hingga Rp54 juta per bulan hanya dengan memantau lokasi korbannya.

Credit : Android Pit

Para peneliti keamanan smartphone, CyberNews, kembali menemukan spyware di aplikasi favorit di Android. Kal ini, mereka menemukan total 30 aplikasi kamera Android yang tersedia di Play Store, dan telah diunduh jutaan kali.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di CyberNews, malware ini dirancang untuk mengumpulkan semua data di smartphone pengguna, termasuk lokasi tanpa sepengetahuan penggunanya.

Pola yang ditemukan pun cukup mengejutkan. Ke-30 aplikasi tersebut memiliki pola yang sama. Keseluruhan aplikasi itu mengklaim dapat memberikan penggunanya fitur untuk membuat foto mereka lebih baik.

"Aplikasi ini mengumpulkan dan menjual data Anda, menyerbu Anda dengan iklan jahat dan sering mengarahkan Anda ke situs-situs phishing" kata para peneliti, seperti dikutip dari laman Gizchina (20/1/2020).

Yang mengkhawatirkan, secara total, ke-30 aplikasi telah diunduh oleh 1,4 miliar smartphone di seluruh dunia. Beberapa aplikasi sangat populer dan memiliki lebih dari 300 juta instalasi.