Hacker mulai incar akun Instagram

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 15 Agst 2018 10:43 WIB

Hacker dilaporkan telah berhasil meretas sejumlah akun Instagram dan membuat penggunanya tidak bisa mengakses akunnya lagi

Hacker atau peretas telah berupaya masuk ke akun Instagram kemudian mengubah email akun terkait dengan domain Rusia. Dilaporkan Mashable, ratusan pengguna Instagram menjadi korban peretasan tersebut.

Peretasan itu terbilang aneh karena tak ada gambar lama yang dihapus atau gambar baru yang diunggah oleh peretas. Sebaliknya, pengguna mendapati dirinya tak bisa mengakses akun Instagram karena kata sandi, alamat email, dan nomor telepon telah berubah.

Dalam beberapa kasus, alamat email diubah menjadi "mail.ru" sebagai komponen terakhir alamat, yang merupakan domain yang digunakan di Rusia. Dalam banyak kasus, foto profil pengguna ditukar dengan karakter Disney atau Pixar serta informasi bionya dihapus.

Aksi itu menjadi masalah bagi pengguna. Pasalnya, cara termudah untuk mendapatkan lagi akses ke akun Instagram adalah melalui email yang terkait dengan akun tersebut. Dengan email yang berubah, pengguna kesulitan untuk mendapatkan lagi akun Instagram miliknya.

Laporan Mashable itu tak menyebutkan siapa sosok dibalik peretasan aneh ini, apakah kelompok atau bahkan lebih besar. Sebagian besar akun yang diretas tidak memiliki otentikasi dua faktor. Meski beberapa pengguna menerapkannya, hal ini juga tak membatu pengguna mendapatkan akun miliknya.