Generasi muda cenderung mencari hal baru di TikTok, bukan Google Search

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 13 Jul 2022 09:50 WIB

Menurut Google, pengguna yang lebih muda kini lebih sering melakukan pencarian di TikTok dan Instagram daripada Google Search atau Maps.

Ancaman TikTok terhadap bisnis Google ternyata tidak hanya terbatas pada YouTube. Layanan inti Google, termasuk Search dan Maps ternyata juga dipengaruhi oleh preferensi yang berkembang di media sosial dan video, sebagai pilihan pertama anak muda dalam mencari sesuatu.

Wakil Presiden Senior Google, Prabhakar Raghavan, yang menjalankan organisasi Google' Knowledge & Information, mendiskusikan tentang masa depan produk Google dan penggunaan AI-nya, serta pengaruh aplikasi sosial populer, selama konferensi Fortune’s Brainstorm Tech.

Dalam diskusi tentang evolusi pencarian, Raghavan secara tidak langsung mencatat bahwa pengguna yang lebih muda kini lebih sering melakukan pencarian di Instagram dan TikTok daripada Google Search atau Maps.

Menurut Raghavan, pengguna baru tidak memiliki pola pikir yang telah menjadi kebiasaan perusahaannya. Para pengguna ini cenderung tidak mengetikkan kata kunci, melainkan mencari konten dengan cara baru yang lebih mendalam.

“Dalam penelitian kami, hampir 40% anak muda, ketika mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Search,” kata Raghavan. “Mereka pergi ke TikTok atau Instagram.”