Google siapkan USD11 juta untuk UMKM dan pencari kerja di Indonesia

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Rabu, 18 Nov 2020 14:12 WIB

Melalui Google for Indonesia kelima, Google mengumumkan komitmen untuk membantu pemilik bisnis dan melatih anak muda mencari kerja di Indonesia.

Dalam Google for Indonesia kelima, Google mengumumkan komitmen senilai USD11 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Pinjaman modal sebesar USD10 juta akan diinvestasikan Google melalui kemitraan dengan Kiva untuk menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah. Sedangkan USD1 juta akan diberikan melalui Google.org kepada Plan International untuk melawan pengangguran anak muda di Indonesia.

“Google menyediakan USD10 juta dalam bentuk pinjaman modal untuk membantu pemilik UKM agar lebih siap dalam menghadapi masa sulit ini. Melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19 di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia," kata Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf. 

Google juga menghubungkan bisnis baik besar maupun kecil dengan pencari kerja yang berkualitas melalui Kormo Jobs, yang diluncurkan di Indonesia pada 2019. Bickey Russell selaku Operations Lead Kormo di tim inisiatif Next Billion Users Google, mengatakan aplikasi lowongan kerja ini sudah banyak menghubungkan pencari kerja dengan pemberi kerja sejak diluncurkan, dan mengalami peningkatan pesat dalam jumlah posting-an lowongan pekerjaan dari perusahaan besar tahun ini. 

"Angkanya naik dua kali lipat, yang berarti kesempatan kerja juga meningkat. Kami mencatat hal ini dan menambahkan beberapa fitur baru untuk kerja jarak jauh. Kami juga memperluas lingkup platform ini agar dapat mencakup UKM dan listingan untuk layanan logistik dan esensial yang terkena dampak pembatasan sosial akibat pandemi," kata Bickey. 

Diketahui Kormo bekerja dengan setidaknya 100 UKM dari program pelatihan Gapura Digital untuk memperbaiki pengalaman integrasi mereka, dan dengan ARKADEMI & QuBisa untuk menyediakan lebih banyak kursus online bersertifikat bagi pencari kerja. Sedangkan bagi mereka yang sudah bekerja, Google juga membantu mereka yang termotivasi untuk menambah kemampuan dengan keterampilan yang dapat langsung digunakan, dari komputasi Cloud hingga kecerdasan buatan (AI).