Google prediksi 3 tren cloud di masa depan

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Selasa, 09 Feb 2021 10:30 WIB

Google memberikan pandangan mengenai tiga tren teknologi yang akan mendorong pemulihan bisnis di masa depan.

Source: The Keyword

Tahun 2020 sangat berbeda dari tahun-tahun biasanya. Aktivitas bekerja dan operasional bisnis yang harus dilakukan dari jarak jauh membuat perusahaan besar maupun kecil ramai-ramai beralih ke cloud demi memenuhi kebutuhan tenaga kerja terdistribusi baru dan mempertahankan efisiensi operasional perusahaan.

Sejak diluncurkannya region Google Cloud Platform (GCP) di Jakarta enam bulan lalu, Google telah melihat sebuah momentum kuat seiring banyaknya perusahaan dari berbagai bidang industri yang beralih ke Google Cloud untuk membantu mentransformasikan operasional perusahaannya ke ranah digital. Satu contoh yang sangat bagus terkait hal ini adalah ketika perusahaan-perusahaan di Indonesia memigrasikan beban kerja SAP-nya dari infrastruktur on-premise ke jaringan cloud publik.

Memindahkan beban kerja SAP ke cloud sama sekali bukan hal mudah. Banyak tim IT dari berbagai perusahaan kesulitan mengontrol biaya jangka pendek, kompleksitas, dan risiko yang muncul akibat migrasi SAP ke cloud. Sebagai akibatnya, perusahaan pun jadi ragu-ragu untuk memigrasikan SAP-nya ke cloud. Tentu saja hal ini dapat merugikan partner bisnis dan menguntungkan kompetitor yang mampu bergerak lebih gesit.

PT Blue Bird Tbk, yang merupakan pelanggan lama Google Cloud, sedang melakukan transformasi digitalnya. Baru-baru ini mereka meluncurkan platform multi-product, multi-channel, dan multi-payment generasi kelimanya: aplikasi MyBlueBird dengan Google Cloud. Bluebird juga memigrasikan beban kerja SAP-nya ke Google Cloud, sehingga mereka dapat mengoptimalkan sumber daya IT perusahaan sambil membangun infrastruktur lokal milik sendiri yang dapat diandalkan untuk berinovasi di masa depan.

Google turut memberikan pandangan mengenai tiga tren spesifik yang harus dipertimbangkan pemimpin bisnis untuk mendorong pemulihan serta kesuksesan bisnis di tahun 2021 dan seterusnya.