Google Maps dan Search akan tampilkan tempat yang tutup karena corona

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 26 Mar 2020 14:22 WIB

Dalam beberapa hari ke depan, Google akan tampilkan daftar tempat yang ditutup selama penyebaran corona.

Source: Engadget

Penyebaran corona (Covid-19) membuat hampir semua orang harus berdiam diri di rumah. Hal ini nyatanya berlaku juga bagi para pelaku bisnis, misalnya pemilik toko. Untuk menghindari penyebaran lebih lanjut, ada beberapa lini bisnis yang terpaksa harus berhenti beroperasi.

Google pun berniat membantu para penggunanya untuk mengetahui status sebuah lokasi bisnis. Karenanya, raksasa teknologi ini akan menghadirkan daftar tempat bisnis, baik toko lokal atau sekolah, yang tutup sementara waktu di tengah penyebaan virus ini. Fitur ini sebenarnya ditujukan untuk para pemilik bisnis. Namun dalam prakteknya, hal ini bisa membantu pengguna Google Maps untuk mengetahui apakah toko tujuan mereka tutup atau tetap beroperasi.

Dilansir dari 9to5google (26/3), Google bahkan menyediakan sebuah halaman khusus yang menjelaskan bagaimana para pemilik bisnis dapat menandai tempat mereka dengan label “tutup sementara”. Nantinya tanda ini akan muncul di Google Maps dan pencarian ketika pengguna hendak menuju ke tempat bisnis mereka.

Untuk diketahui, fitur ini tidak diberikan untuk lini bisnis yang mempersingkat waktu operasinya. Google sengaja memberikan fitur ini untuk bisnis atau toko yang sepenuhnya tutup selama masa pandemi ini.

“Berdasarkan data dari pemerintah dan otoritas lainnya, Google Search dan Maps akan menampilkan jika sebuah sekolah atau bisnis lokal, ditutup untuk sementara waktu. Dalam beberapa hari ke depan, kami akan membuat para pelaku bisnis dapat menandani bisnis mereka dengan mudah melalui Google My Business.” Demikian pernyataan Google dalam blog resminya.