Google luncurkan fitur untuk backup secara manual

Oleh: Dommara Hadi S - Senin, 12 Nov 2018 20:35 WIB

Kini, para penggua tidak harus tersambung ke WiFi sembari melakukan pengecasan untuk melakukan backup ke Google Drive.

Ilustrasi Smartphone (Pexels)

Sekarang pengguna smartphone Android bisa menyimpan data secara manual ke Google Drive
Sebelumnya, proses pengisian data mengharuskan perangkat terkoneksi ke Wi-Fi agar stabil dan tidak memakan kuota. Perangkat juga harus terhubung ke soket listrik agar proses pengisian tidak terputus ketika perangkat kehabisan baterai. 

Kini dengan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Google, proses menyimpan data atau backup data bisa dilakukan secara manual. Tidak harus terkoneksi ke Wi-Fi lagi ataupun terhubung ke soket listrik.

Untuk mengakses fitur ini, kamu bisa membuka Settings (Pengaturan) > Backup & reset (Cadangkan & setel ulang) > Google account (Akun Google). Di sini kamu bisa melihat sebuah tombol Backup sekarang ke Google Drive. Sedangkan dibawahnya, kamu bisa memilih kategori data yang ingin disimpan ke Google Drive.

Meski begitu, fitur baru tersebut tampaknya akan tumpang tindih dengan fitur Sync now (Sync sekarang) yang disiapkan untuk menyimpan berbagai data dari Google Calendar, Contacts, Docs, Drive, Gmail, Google Fit, Google Play Movies & TV, Google Play Music, dan People.

Dikutip dari 9to5Google (12/11), fitur baru ini pertama kali ditemukan oleh pengguna Twitter bernama Alex Kruger. Menariknya fitur ini bisa berjalan pada perangakt Droid Turbo, perangkat yang rilis pada tahun 2014 lalu dan mendapatkan upgrade hingga Android Marshmallow.