Google kembali berikan pinjaman untuk UMKM dan beasiswa pelajar

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 27 Mei 2022 10:15 WIB

Pihak Google menambah jumlah pinjaman untuk UMKM dan tambah jumlah peserta beasiswa di Indonesia untuk kurangi jumlah pengangguran.

Google mengumumkan mitra keuangan mikro baru guna menyalurkan pinjaman senilai USD2 juta untuk UMKM di berbagai wilayah Indonesia yang kurang terlayani. Google juga memberikan beasiswa untuk melatih 10.000 orang di Indonesia melalui program Google Career Certificate. 

Program sertifikasi profesional ini dirancang untuk pekerjaan tingkat pemula sebagai analis data (data analyst). Dalam program ini, peserta akan diajarkan cara mengumpulkan, mengubah, dan menyusun data untuk memberikan wawasan dan analisis baru kepada bisnis/perusahaan.

“Google berkomitmen untuk terus mendukung UKM, pencari kerja, dan pelajar Indonesia guna meningkatkan partisipasi mereka dalam ekonomi digital serta mempercepat pemulihan ekonomi,” kata Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf.

“Dengan tingkat pengangguran hampir mencapai 18% di antara penduduk Indonesia yang berusia 20 hingga 24 tahun, kami harap dengan memberikan kursus gratis dalam program Google Certificates di bidang Data Analytics, kami dapat membantu ribuan orang Indonesia menemukan pekerjaan yang bergaji cukup tinggi dalam ekonomi digital yang sedang berkembang pesat saat ini.”

Untuk beasiswa sendiri, mereka akan memberikannya ke dua lembaga. Setengahnya akan diberikan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendukung program Digital Talent Scholarship.

Tag