Google beralih ke AI lantaran PHK 12.000 karyawan

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 21 Jan 2023 15:23 WIB

Produk AI Google berpotensi diumumkan pada konferensi pengembang I/O pada bulan Mei. Mereka juga khawatir akan tertinggal oleh perusahaan lain yang mengandalkan AI.

Google sekarang memiliki rencana untuk meningkatkan pengenalan produk kecerdasan buatan (AI) setelah persaingan yang sangat ketat, seperti chatbot AI ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI.

Anak perusahaan dari Alphabet itu telah berhati-hati dalam menambahkan teknologi berbasis AI ke jajaran layanannya. Namun, sekarang mereka memiliki rencana untuk mengumumkan lebih dari 20 proyek bertenaga AI sepanjang tahun 2023.

Rencana untuk beralih ke AI dituangkan dalam pengumuman PHK baru-baru ini terhadap 12.000 karyawan Google. Dilansir dari Digital Trends (21/1), Google sudah diketahui telah banyak berinvestasi dalam AI.

Meski demikian, diindikasikan bahwa CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai meminta saran dari pendiri perusahaan, Larry Page dan Sergey Brin, yang mengundurkan diri dari peran aktif pada 2019. Mereka dilaporkan terlibat dapat rapat umum dengan para eksekutif pada Desember 2022, dimana mereka dapat “menyetujui rencana dan mengajukan ide”.

Produk AI Google berpotensi diumumkan pada konferensi pengembang I/O pada bulan Mei. Terutama, perusahaan itu mungkin menampilkan demo chatbot AI-nya sendiri, yang akan berfokus pada etika dan akurasi informasi.