Google bantu pengguna atur jarak aman untuk physical distancing

Oleh: Hieronimus Patardo - Sabtu, 30 Mei 2020 10:31 WIB

Sodar merupakan tool yang diberikan Google untuk mengatur jarak aman pengguna dengan orang lain saat physical distancing menggunakan teknologi augmented reality.

Source: Google Sodar

Sudah berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi pandemi corona di dunia. Industri teknologi pun turun tangan untuk membantu memudahkan penanganan virus ini, sekaligus mencegahnya. Karena itulah, untuk pertama kalinya Apple dan Google bekerja sama menghadirkan contact tracing di sistem operasi mereka. 

Namun Google punya cara baru bagi penggunanya untuk tetap mempertahankan physical distancing. Raksasa teknologi ini meluncurkan tool berbasis augmented reality yang dapat membantu pengguna mengenali jarak aman dengan orang lain. 

Tool ini bernama SODAR. Menariknya, Google membuat akses tool ini menjadi sangat mudah. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Chrome, kemudian memasukkan URL goo.gle/sodar untuk meluncurkan tool ini. Tool ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Sayangnya pemilik iOS tidak bisa mengaksesnya, demikian juga dengan pengguna Android dengan sistem operasi yang sudah lawas. 

Saat URL menuju tool Sodar itu sudah diakses, pengguna akan diminta meluncurkan tool tersebut. Selanjutnya Sodar akan meminta izin untuk membuat peta 3D di sekeliling pengguna dan melacak posisi kamera ponsel. Tool ini akan menghitung jarak 2 meter dari posisi pengguna menggunakan Augmented Reality.