Gigabyte perkenalkan kartu ekspansi untuk USB 3.2

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 02 Des 2019 12:29 WIB

Gigabyte menyebut bahwa para pengguna hanya harus memiliki motherboard yang mendukung PCIe Gen 4.0 untuk menggunakan ekspansi USB 3.2 tersebut.

Gigabyte baru saja mengumumkan kehadiran kartu expansi untuk USB 3.2 Gen 2x2 PCIe. Mereka mengklaim, ini merupakan kartu expansi USB 3.2 pertama di pasaran.

Seperti diketahui, USB 3.2 2x2 memiliki kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pengguna akan mendapatkan kecepatan transfer hingga 20GB/s saat melakukan transfer data. Hal ini dikarenakan mereka menggunakan 2 protokol USB 3.1 untuk melakukan transfer data.

Gigabyte menyebut, kartu ekspansi ini akan berjalan di PCIe Gen 4.0 untuk mendapatkan kecepatan maksimum tersebut.

Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa meskipun sudah menggunakan port USB Type-C, namun dengan dongle para pengguna juga dapat menggunakan USB Type A, baik untuk USB 2.0, USB 3.0, serta USB 3.1.

Selain itu, Gigabyte juga mengklaim dengan menggunakan kartu ekspansi ini, pengguna akan dapat menghemat uang, karena mereka tak harus mengganti motherboard lama mereka untuk mendapatkan fitur USB 3.2.