Waspada! Ini tanda-tanda penipu online yang incar para pedagang

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 12 Jan 2023 10:03 WIB

Berikut ini rekayasa sosial yang paling umum digunakan penipu online untuk menjebak pengusaha kecil, berdasarkan laporan Kaspersky.

Pelaku kejahatan siber dalam industri bisnis biasanya menargetkan bisnis skala kecil yang masih minim wawasan dan sumber daya untuk mengenali tanda-tanda mereka. Menurut Kaspersky, bisnis skala kecil mewakili lebih dari 90% dari seluruh populasi bisnis yang diminati oleh berbagai penipu online di luar sana.

Oleh karena itu, untuk terhindar dari skema kejahatan yang telah mereka rencanakan dengan apik, berikut ini rekayasa sosial yang paling umum digunakan penipu online untuk menjebak pengusaha kecil, berdasarkan laporan Kaspersky.

  • Meniru pemasok terpercaya

Tidak seperti perusahaan besar, bisnis skala kecil kekurangan sumber daya yang bertugas utnuk memeriksa subkontraktor sebelum bekerja dengan mereka. Penipu online ini biasanya memikat pengusaha dengan penawaran yang sangat menguntungkan dan mereka dapat memalsukan situs web.

Namun ketika faktur dengan sedikit kesalahaan ejaan atas nama perusahaan dibayarkan, mitra bisnis baru itu menghilang begitu saja. Penipu online dapat meniru semua jenis organisasi, mulai dari agen perjalanan hingga pemasok grosir.

  • Acara palsu

Penipu online tahu betapa pentingnya peluang pertumbuhan bagi perusahaan melalui jaringan. Untuk itu, penipu online bahkan dapat membuat acara palsu, mengirimkan undangan konferensi, roundtable, atau penghargaan dengan menawarkan pembicara terkenal dan diskusi menarik. Tentu saja, ini didukung oleh halaman arahan yang tampak cukup baik.