Gantikan Bard, chatbot AI akan hadir di Google Search

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 07 Apr 2023 16:21 WIB

CEO Google Sundar Pichai dalam wawancara dengan The Wall Street Journal mengungkapkan akan menambahkan chatbot AI ke mesin pencari andalannya, Google Search.

Setelah dikalahkan oleh saingan utamanya, Google berencana untuk menambahkan chatbot AI ke mesin pencari andalannya, Google Search. Hal ini diungkapkan langsung oleh CEO Google Sundar Pichai dalam wawancara dengan The Wall Street Journal.

"Apakah orang dapat mengajukan pertanyaan ke Google dan terlibat dengan LLM [model bahasa besar] dalam konteks pencarian? Tentu saja," katanya.

Google telah mengatakan akan mengintegrasikan LLM ke dalam pencarian, tetapi ini adalah pertama kalinya perusahaan mengumumkan rencana untuk fitur percakapan.

Langkah ini tidak terduga, terutama setelah Microsoft merilis versi mesin pencari Bing-nya sendiri yang menggunakan mesin AI ChatGPT dari OpenAI. Namun, penerapan Google berpotensi memiliki dampak yang lebih besar, mengingat pangsa pasarnya di seluruh dunia sebesar 93,4%.

Pichai menambahkan bahwa dia melihat obrolan AI sebagai cara untuk memperluas bisnis pencariannya - bukan sebagai ancaman. Ini akan menjadi peluang yang lebih besar daripada sebelumnya, menurut Pichai dikutip dari Engadget (7/4).