Gandeng ecommerce, Kemenperin bakal genjot IKM

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Selasa, 16 Jan 2018 18:45 WIB

Kemenperin kolaborasi dengan ecommerce genjot IKM Indonesia

Pada acara konferensi pers, Kick Off Roadshow Kampus Shopee 2018, Kementrian Perindustrian yang diwakili Gati Wibawaningsih, Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin, menyatakan rasa syukurnya atas kolaborasi pemerintah dengan marketplace seperti Shopee. Program-program offline seperti workshop yang dilakukan Shopee, ia sebut sejalur dengan misi pemerintah untuk membantu pengusaha UKM dan IKM go-online.

Gati lebih jauh lagi, program ini mencakup beberapa komuditas, seperti makanan, logam (komponen), herbal, furnitur, kerajinan tangan, fashion, dan kosmetik. "Kita menyasar pada sentra-sentra industri ini," ungkap Gati.

Komoditas ini merupakan penyumbang devisa yang tinggi bagi negara. Gati menjelaskan devisanya mencapai USD2,5 miliar setahun. Tahun ini Kemenperin punya target untuk menggenjot IKM berjualan di marketplace mencapai 4 ribuan jumlahnya.

Pemerintah membuka kerjasama dengan platform ecommerce seperti, Shoppe, Blibli, Tokopedia, Blanja, Bukalapak di 2018 ini untuk ikut melakukan workshop ke pelosok negeri. Sebelumnya, 2017 lalu pemerintah baru bekerjasama dengan Bukalapak dan Blanja sebagai partner ecommerce. Tahun ini Pemerintah memperluas jangkauannya dengan menggandeng platform yang lebih beragam.