G20 Plenary Meeting kedua resmi digelar, dorong kesetaraan wanita dalam pertumbuhan ekonomi

Oleh: Insaf Albert Tarigan - Selasa, 17 Mei 2022 18:38 WIB

Dipimpin salah satu petinggi XL Axiata sebagai Chair G20 EMPOWER, rapat Plenary Meeting kedua resmi digelar. Diharapkan dapat mendorong wanita untuk dapat lebih setara dalam pertumbuhan ekonomi.

Group of Twenty (G20) EMPOWER Presidensi Indonesia menggelar Plenary Meeting kedua di Yogyakarta. Acara ini digelar selama tiga hari, dimulai dari Selasa, 17 Mei 2022 hingga Kamis, 19 Mei 2022.

Acara ini digelar untuk membahas upaya percepatan dalam mendorong kontribusi peran perempuan untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal ini merujuk pada proyeksi World Economic Forum bahwa dibutuhkan 135 tahun lagi untuk menutup ketimpangan gender jika negara-negara di dunia tidak melakukan perubahan terhadap posisi perempuan dalam pembangunan ekonomi.

Tingkat antusiasme atas acara ini sangat tinggi, dengan total kehadiran lebih dari 100 peserta yang hadir dari Amerika Serikat, Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, China, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Indonesia, Prancis, Rusia, ditambah Uni Eropa.  

Pada kesempatan kali ini, hadir juga empat menteri hadir sebagai pembicara, termasuk Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayogya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri BUMN, Erick Tohir. Turut hadir juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubowono X.

Tag
Editor