Foxconn ketahuan rakit iPhone pakai komponen ‘cacat’

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 23 Des 2019 10:30 WIB

Diketahui, Foxconn mendapatkan keuntungan hingga Rp600 triliun dengan menjual iPhone yang dirakit menggunakan komponen ‘cacat’.

Foxconn merupakan salah satu mitra manufaktur utama Apple. Perusahaan tersebut bertanggung jawab untuk merakit beberapa produk milik Apple seperti jajaran smartphone mereka yakni iPhone.

Pihak Apple pun sangat ketat dalam hal kualitas dari setiap komponen yang akan mereka rakit. Ada sedikit saja ketidaksempurnaan, maka komponen tersebut harus ditolak dan dibuang untuk dilebur dan digunakan untuk komponen lain.

Namun, belakangan ini diketahui bahwa salah satu petinggi Foxconn ternyata diam-diam tidak mengembalikan komponen yang tidak sesuai tersebut. Mereka kemudian menggunakan komponen tersebut dan dijual seolah-olah produk sah dari Apple.

Ubergizmo (23/12/2019) melaporkan, skema ini dikatakan telah membawa keuntungan hingga USD43 juta atau sekira Rp600 triliun. Tentu saja, jumlah ini bukan merupakan jumlah yang kecil, sekalipun untuk perusahaan sebesar Foxconn.

Yang menarik adalah praktik ini sudah berjalan selama tiga tahun terakhir ini. Namun, laporan resmi baru sampai di tangan CEO Apple, Tim Cook pada pertengahan 2019. Hal ini membuat Cook sangat murka.