Foto telanjang palsu selebgram Indonesia tersebar akibat deepfake

Oleh: Zulfikar Hardiansyah - Selasa, 27 Jul 2021 16:30 WIB

Deepfake yang berkembang dengan pesat, kini banyak disalahgunakan. Terbaru, seorang selebram Indonesia mengaku mendapati foto telanjang palsu yang mirip dengannya.

Credit: Unsplash

Serangan Deepfake di era digital kian meraja lela. Dengan keterbukaan akses terhadap persebaran foto, video, dan audio yang ada di media sosial, seseorang dapat dengan mudah untuk melakukan Deepfake atau merekayasa suatu foto, video, maupun audio agar tampak seperti asli. Praktik rekayasa ini dilakukan dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Terbaru, kabar mengenai serangan Deepfake juga menimpa seorang selebgram asal Indonesia, Titan Tyra.

Melalui posting-an di akun Instagramnya, ia mengeluhkan telah terdampak serangan Deepfake. Titan mengatakan, beberapa waktu ke belakang telah menemukan beberapa foto telanjang palsu yang menampilkan wajahnya. Foto telanjang palsu itu kedapatan tersebar di Twitter dan berbagai platform media sosial lain. Titan menegaskan foto telanjang palsu itu bukan miliknya, melainkan hasil rekayasa seseorang. Dalam posting-annya, ia juga ingin meningkatkan perhatian publik terkait modus kejahatan baru di media sosial menggunakan Deepfake.