Evolusi Garmin: dari jual GPS hingga jam tangan Forerunner

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 14 Apr 2023 11:06 WIB

Garmin adalah merek jam tangan pintar premium yang menonjolkan kemampuan GPS-nya melalui seri Forerunner. Namun, tahukah kalian kalau Garmin awalnya bukan perusahaan jam tangan?

Apa yang terlintas di pikiran Sahabat Tek ketika mendengar kata "Garmin"? Sebagian besar mungkin akan merujuk pada merek jam tangan pintar premium yang menonjolkan kemampuan GPS-nya melalui seri legendarisnya, Forerunner. Namun, tahukah kalian kalau Garmin awalnya bukan perusahaan jam tangan?

Pada tahun 1989, Garmin didirikan sebagai perusahaan yang berkaitan dengan teknologi pemosisian satelit. Perusahaa pioner yang mempopulerkan GPS. Tidak heran, jajaran jam tangan Garmin memiliki keunggulan dalam teknologi GPS ini.

Namun pada tahun 2003, Garmin meluncurkan jam tangan GPS pertamanya. Pendiri perusahaan, Gary Burrell dan Min H. Kao, tidak pernah merencanakan rencana bisnis satu ini. Forerunner pertama terjadi karena hal yang tidak disengaja.

Awal mula jam tangan GPS pertama "Forerunner 201"

Dalam acara memperingati tahun ke-20 Garmin Forerunner yang diadakan di Jakarta (14/4), Marketing Manager Rian Krisna menjelaskan Forerunner terinspirasi ketika salah satu insinyur Garmin memasang GPS di tangannya saat sesang mendaki gunjng, untuk mempermudah langlahnya.