Elon Musk ingin beli Twitter USD43 miliar, begini tanggapan analis & pemegang saham

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 15 Apr 2022 10:15 WIB

Elon Musk ingin membeli Twitter dan membuka potensinya sebagai platform yang mengedepankan kebebasan berbicara.

Elon Musk memiliki tawaran besar untuk Twitter, setelah beberapa hari sejak ia membeli 9,2% saham dari perusahaan tersebut. Dalam cuitan terbarunya, Musk mengatakan ingin membeli Twitter dengan menawarkan USD54,20 untuk setiap saham perusahaan tersebut, yang memberikan nilai pada Twitter sebesar USD43 miliar.

CEO Tesla dan SpaceX itu serius ingin memiliki Twitter. Dalam tweet-nya, ia bahkan melampirkan dokumen pengajuan yang diserahkan kepada UNITED STATES SECURITIES AND EXCHANGE COMMISSION (SEC). Dokumen tersebut mencakup pesan dari Musk kepada Ketua Dewan Direksi Twitter Bret Taylor.

“Saya berinvestasi di Twitter karena Saya percaya pada potensinya untuk menjadi platform kebebasan berbicara di seluruh dunia, dan Saya percaya kebebasan berbicara adalah keharusan sosial untuk demokrasi yang berfungsi,” tulis Musk kepada Taylor. “Namun, sejak melakukan investasi, Saya sekarang menyadari perusahaan tidak akan berkembang atau melayani kepentingan sosial dalam bentuknya saat ini.”

Tanggapan Twitter, analis, dan pemegang saham

Dilaporkan oleh TheVerge (15/4), CEO Twitter. Parag Agrawal. mengatakan kepada karyawan Twitter bahwa perusahaan masih mengevaluasi tawaran Musk dan akan membuat keputusan “demi kepentingan terbaik pemegang saham kami.