Elon Musk ingatkan lagi pentingnya regulasi pengembangan AI

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 19 Feb 2020 10:01 WIB

CEO dari Tesla dan SpaceX, Elon Musk mengatakan semua organisasi yang mengembangkan AI, termasuk Tesla, harus diregulasi.

Credit : Pixabay

Elon Musk kembali mengeluarkan pendapatnya mengenai regulasi AI. Dalam sebuah pernyataan terbaru, dia mengatakan semua perusahaan harus memiliki standar regulasi tanpa pandang bulu, termasuk semua perusahaan miliknya.

“OpenAI seharusnya lebih terbuka, menurut saya. Semua organisasi yang mengembangkan AI tingkat Advance harus diregulasi, termasuk Tesla,” kata Elon Musk di akun Twitter-nya, seperti dikutip dari laman TechCrunch (19/2).

Hal ini dia lakukan untuk menanggapi profil Review Teknologi MIT baru dari OpenAI, sebuah organisasi yang didirikan pada 2015 oleh Musk, bersama dengan Sam Altman, Ilya Sutskever, Greg Brockman, Wojciech Zaremba dan John Schulman. 

Pada awalnya, OpenAI dibentuk sebagai perusahaan nirlaba yang didukung pendanaan sebesar USD1 miliar dalam pendanaan dari investor awal dengan tujuan mengejar penelitian terbuka ke dalam AI canggih. Fokusnya adalah memastikan itu dilakukan untuk kepentingan masyarakat daripada meninggalkan pengembangannya di tangan segelintir orang yang hanya mencari keuntungan.

Musk juga mengatakan pada 2017 bahwa ia percaya peraturan harus diberlakukan untuk mengatur pengembangan AI, didahului dengan pembentukan semacam badan pengawas yang akan mempelajari dan mendapatkan wawasan tentang industri sebelum mengusulkan aturan apa pun.