Eka Hospital gunakan AI Alibaba deteksi pasien Covid-19

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 29 Apr 2020 11:39 WIB

Kerja sama ini dilakukan dengan menyediakan algoritma AI yang dapat menganalisis hasil CT Scan Thorax pasien yang terduga terjangkit Covid-19.

Perkembangan teknologi sejatinya dibuat untuk membantu manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Di masa pandemi ini, teknologi juga diharapkan dapat membantu manusia untuk mengendalikan penyebaran corona yang semakin masif. Karenanya, Alibaba dan Eka Hospital mengumumkan kerja sama untuk menggunakan solusi AI untuk membantu masalah tersebut.

Kerjasama ini dilakukan dengan menyediakan algoritma AI yang dapat menganalisis hasil CT Scan Thorax pasien yang terduga terjangkit Covid-19. Dengan tingkat akurasi 96% dan kecepatan analisis yang ditawarkan, AI ini diharapkan dapat membantu dokter spesialis radiologi untuk memberikan diagnosa yang tepat.

”Melakukan kerja sama dengan rumah sakit seperti Eka Hospital dan komunitas kesehatan lokal di Indonesia sangat penting dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Melalui teknologi Cloud dan AI kami yang terlah terbukti, kami berharap dapat memberikan kontribusi dalam memerangi virus,” Kata Leon Chen, Head of Alibaba Cloud di Indonesia.

Untuk diketahui, sistem Aritifical Intelligence Cloud Alibaba ini telah digunakan di lebih dari 160 Rumah Sakit di Tiongkok dan berhasil membantu dokter dalam menegakkan diagnosa 60 kali lebih cepat daripada tenaga manusia dengan akurasi yang lebih tepat terhadap pasien-pasien dengan suspek Covid-19.

Sementara itu, Drg. Rina Setiawaty, selaku CEO Eka Hospital mengungkapkan bahwa pelayanan dengan teknologi merupakan suatu yang berkaitan erat dengan Eka Hospital. Pihaknya menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat menunjang kenyamanan dan keamanan pasien.