Drone akan memiliki standar internasional

Oleh: Hieronimus Patardo - Selasa, 27 Nov 2018 23:08 WIB

Dalam waktu dekat, drone bakal memiliki standar internasional. Tujuannya agar adopsi drone bisa makin meluas dan memastikan keamanan ketika menggunakan perangkat ini.

Source: MIT

Tahukah Anda, setelah sekian banyak drone malang melintang di udara, ternyata belum ada aturan resmi yang mengatur seluruh drone tersebut. Belum lama ini International Organization for Standards (ISO) telah mengeluarkan draft peraturan untuk drone.

Dilansir dari review MIT (27/11), set draft tersebut terbuka hingga 21 Januari 2019. Peraturan itu diharapkan dapat digunakan secara global tahun depan.

Dalam draft tersebut, akan terdapat zona larangan terbang, yakni jarak yang cukup bagi drone untuk berada di suatu area, seperti bandara atau area sensitif lainnya. Dokumen tersebut juga menyarankan adanya teknologi geo-fencing untuk dapat menghentikan penerbangan secara paksa di area terlarang.

Dalam dokumen tersebut juga tertulis bahwa fitur-fitur seperti flight log, pelatihan dan persyaratan maintenance harus terdapat pada sebuah drone.

Bukan hanya drone saja yang bakal diatur dalam dokumen ini. Operator pengendali drone juga bakal terkena dampak aturan tersebut. Para operator mesti menghormati privasi dan pelindungan data ketika mengendalikan drone.