Dorong pengembangan IoT, Samsung gelar Samsung Innovation Campus batch 3

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 19 Sep 2022 17:02 WIB

Untuk mendorong kapasitas pengembangan IoT, di kalangan siswa Samsung gelar Samsung Innovation Campus batch 3.

Samsung kembali menggelar Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. Acara ini digelar untuk meningkatkan kapasitas siswa dalam bidang pengembangan Internet of Things (IoT).

Acara Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 – 2021/2022 ini sudah memasuki stage ketiga, yaitu bertema IoT Product Development Bootcamp. Ini adalah kontribusi nyata Samsung untuk ikut serta membantu pemerintah meningkatkan kapasitas siswa dan mengakselerasi transformasi digital di Indonesia.

Dalam beberapa laporan, teknologi IoT mengalami pertumbuhan yang pesat di Indonesia. Data Kementerian Kominfo pada 2022, akan terdapat 400 juta perangkat IoT di Indonesia dan akan menjadi 678 juta perangkat pada 2025 yang didorong oleh teknologi 5G.

Laporan World Economic Forum bertajuk The Future of Jobs Report 2020 menyebutkan, sebanyak 9 persen perusahaan pada 2025 sudah memanfaatkan teknologi IoT. Untuk mengantisipasi hal itu, Kominfo dan Kemendikbudristek kemudian mendorong peningkatan kapasitas dunia pendidikan SMA dan SMK dalam pemanfaatan TIK yang berfokus pada teknologi IoT, Big Data, Cloud Computing, Video Based Learning, Virtual Reality, dan Augmented Reality.

“Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 – 2021/2022 sejalan dengan upaya pemerintah mendorong peningkatan kapasitas guru dalam bidang TIK dan mencetak siswa Indonesia sebagai generasi muda yang menguasai teknologi digital, mampu menghasilkan solusi nyata untuk berbagai permasalahan di komunitas mereka, dan siap bersaing di industri. Kami berharap pengalaman dan keterampilan yang mereka dapatkan di SIC akan bermanfaat bagi masa depan mereka,” ungkap Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Ennita Pramono.