Dell EMC punya komputer data center baru berkecepatan tinggi

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 22 Mei 2018 22:58 WIB

Komputer data center Dell EMC yang baru punya kapasitas penyimpanan hingga 4PB atau sekitar 4.000TB dengan kecepatan transfer data sangat tinggi

Perkembangan teknologi yang begitu cepat seolah tanpa henti hadir dan semakin memanjakan orang-orang di berbagai belahan dunia. Seiring waktu kebutuhan akan storage juga akan semakin bertambah, mengingat teknologi yang terus berinovasi.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan misalnya membuat berbagai perusahaan harus menyiapkan storage yang besar guna menyimpan data yang dibutuhkan. Managing Director Dell EMC Indonesia, Catherie Lian menyebutkan bahwa AI dan Machine Learning (ML) akan menjadi kunci bisnis di masa mendatang. Oleh karenanya, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut meluncurkan komputer data center dengan teknologi yang mampu menjadi solusi kebutuhan di masa depan.

Disebut PowerMax, perangkat ini telah dirilis sebelumnya di Texas, AS dalam ajang Dell Technologies World awal bulan lalu. Komputer data center ini dijelaskan Lian menjanjikan kecepatan, kecerdasan dan efisiensi yang lebih ketimbang data center yang saat ini beredar di pasar.

"Kemarin trennya security. Sekarang AR, IoT, cloud computing. Pada 2020, data mencapai 200 PB per hari sehingga membutuhkan data center yang cepat," kata Lian dalam presentasinya di hotel Mandarin Oriental, Jakarta.