Gelar DCE Summit 2025, Telkomsel ajak UMKM jadi canggih lewat AI
Telkomsel menggelar DCE Summit 2025, ajak UMKM jadi lebih canggih melalui teknologi AI.
Transformasi digital UKM Indonesia memasuki babak baru dengan hadirnya Digital Creative Entrepreneurs (DCE) Summit 2025 yang digelar Telkomsel di Bandung. Mengusung tema “AI for #AdvancingLocals”, konferensi puncak DCE ke-4 ini menjadi ruang kolaborasi strategis antara pelaku UKM, mentor industri, dan pakar teknologi untuk mempercepat adopsi kecerdasan buatan (AI) di sektor usaha kecil-menengah.
Acara ini dilakukan dengan format rangkaian sesi berbagi wawasan, demonstrasi teknologi, dan jejaring bisnis. Hal ini semakin menegaskanTelkomsel dengan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UKM berbasis teknologi di Indonesia.
Program DCE ke-4 dimulai dengan Kick-off di Bandung pada 19 Desember 2024, dilanjutkan roadshow ke Malang, Medan, dan Makassar sepanjang Januari hingga Februari 2025. Dari lebih dari 2.600 UKM yang mendaftar, sebanyak 400 pelaku usaha terpilih mengikuti tahap Onboarding untuk belajar dan berkreasi di ekosistem digital.
Seleksi berikutnya mengerucutkan jumlah peserta menjadi 32 UKM yang mempresentasikan rencana ekspansi digital pada sesi Pitching Tracks di empat kategori, yakni Food & Beverage, Fashion, Craft, dan Personal Care.
Tahap Bootcamp Academy berlangsung tatap muka di Bandung pada 30 Juni–2 Juli 2025. Sebanyak 12 UKM finalis mendapatkan pendampingan langsung dari mentor industri ternama, seperti Ghea Annisa (Tiasa Plant-Based), Iqbal Muslimin (Evermos), Pujo Laksono (Kazee), dan Fitria Vidyawati (MKS Shoes). Sepuluh produk dari masing-masing finalis dipromosikan melalui simulasi Live Shopping dan akun TikTok Key Opinion Leader (KOL) yang berkolaborasi dalam program ini.